Kamis, 13 Januari 2011

Rangkuman bab 2 ISD : PENDUDUK MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN


Sebelum masuk kedalam substansi bab 2, saya sempat bertanya, apakah arti penduduk? Setelah mencari di google saya menemukan arti penduduk. Penduduk adalah sekelompok manusia yang menempati suatu ruang atau wilayah tertentu. Sedangkan Warga Negara adalah penduduk yang merupakan anggota dari suatu satuan politik tertentu (dalam hal ini negara) yang dengannya membawa hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik. Dalam hal ini ada beberapa aturan seorang dapat menjadi warga negara. Aturan ini tidak secara universal, namun berdasarkan ideologi dan kebijakan masing-masing negara. pada bab ini akan dibahas mengenai penduduk secara lebih mendalam.


Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan pertumbuhan aspek-aspek kehidupan menusia juga ikut berkembang. Beberapa aspek kehidupan manusia antara lain; sosial, ekonomi, politik dan budaya. Pada abad 21 pertumbuhan penduduk sudah mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Setiap satu dekade penduduk bumi bertambah sekitar 10-30%. Diperkirakan pada saat ini penduduk bumi sudah mencapai angka 7 milar lebih. Dapat dilihat pada tabel diatas. Beberapa faktor yang menyebabkan dinamika penduduk antara lain ;

- Kelahiran (natalitas)

-Kematian (mortalitas)

-Migrasi

Dalam hal ini ada beberapa jenis perhitungan untuk angka kematian. Antara lain:

  1. Angka kematian kasar (Crude Death Rate /CDR)
  2. Tingkat kematian khusus

1. Angka kematian kasar adalah banyaknya orang yang meninggal pada suatu tahun per jumlah penduduk pertengahan tahun tersebut. Secara dinyatakan tiap 1000 orang. Sehingga dapat dituliskan dengan rumus ;

d = Jumlah kematian

CDR = jumlah kematian / jumlah penduduk pertengahan tahun X 1000 atau

CDR = D/Pm . K

Penduduk pertengahan tahun dapat dicari dengan rumus berikut :

  1. Pm = 1/2 (P1 + P2)
  2. Pm = P1 + (P2 - P1 )/2
  3. Pm = P2 - (P2 - P1)/2

Pm = jumlah penduduk pertengahan tahun

P1 = jumlah penduduk pada awal tahun

P2 = jumlah penduduk pada akhir tahun

2. Angka kematian (age specific death rate)

Tingkat kematian didasarkan pada beberapa kriteria , antara lain umur, jenis kelamin, pekerjaan. Karena adanya perbedaan resiko kematian tersebut, maka digunakan tingkat kematian menurut umur. Digunakan suatu range umur tertentu pada 1000 penduduk pada kelompok umur yang sama. Dapat dilihat rumusnya sebagai berikut :

ASDR = Di / Pmi . K

Di = Kematian penduduk kelompok umur i

Pm = Jumlah penduduk pada pertengahan tahun kelompok umur i

K = Konstanta (=1000)

3. Fertilitas

Pengitungan angka fertilitas tidak semudah yang dibayangkan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti sulitnya memperoleh statistik lair hidup karena bayi-bayi yang meninggal sesaat setelah kematian tidak dicatatkan dalam peristiwa kelahiran atau kematian da sering dicatatkan sebagai peristiwa lahir mati. Maka pada saat ini hanya dapat dihitung angka kesuburan secara kasar.

CBR = Jumlah lahir hidup / jumlah penduduk pada pertengahan tahun . 1000 atau

BCDR = b / Pm . K

B = Jumlah kelahiran hidup pada suatu dunia pada suatu tahun tertentu

Pm = Jumlah penduduk pada pertengahan tahun








Tidak ada komentar:

Posting Komentar