Senin, 01 November 2010

Layanan Gunadarma.ac.id

Sebagai salah satu kampus berbasis Teknologi Informasi, Gunadarma sangat menyadari pentingnya penerapan Teknologi Informasi untuk kelancaran sistem belajar mengajar. Maka dari itu dibuatlah suatu situs yang mengakomodir kebutuhan mahasiswa dalam mengakses Informasi, yaitu www.gunadarma.ac.id. Diharapkan melalui situs ini mahasiswa dapat mengakses informasi yang penting dari situs homepage gunadarma ini. Bahkan situs ini menggunakan bahasa Inggris agar sesuai dengan standar universitas internasional lainnya. Dari situs ini kita dapat mengakses subdomain gunadarma yang lainnya. Antara lain :





Adalah singkatan dari
Biro Administrasi Akademis Kemahasiswaaan yang bertugas melakukan administrasi terhadap kegiatan mahasiswa, seperti mengatur jadwal perkuliahan, daftar kelas, npm, berita-berita terbaru, cuti kuliah, dan masih banyak hal lain yang berhubungan kegiatan akademis kemahasiswaan. Dengan adanya situs ini kita dapat hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan akademis kemahasiswaan seperti yang sudah disebutkan diatas.Jujur dengan keberadaan situs ini, saya merasa sangat terbantu. Misalnya, untuk melihat jadwal kuliah, info-info terbaru dan sebagainya. Dengan sistem online ini kita tidak perlu mengantri untuk sekedar melihat jadwal kuliah di mading, kita cukup mengakses situs baak.gunadarma.ac.id dimanapun kita tersambung denga internet. Tapi menurut saya masih ada kekurangan dari situs ini. Masih ada jadwal yang harusnya juga ditampilkan dalam situs ini, seperti jadwal praktikum. Karena untuk melihat jadwal praktikum saya merasa sedikit repot, misalnya kita harus terus datang ke lab si di gedung E hanya untuk sekedar malihat jadwal. Malah kadang-kadang jadwal dimadingnya sudah dicopot. Dan juga saya sangat berharap untuk situs-situs lab-lab di gunadarma dapat diaktifkan kembali, karena dari seluruh situs lab yang ada di Gunadarma, yang aktif hanya situs i-lab saja. Padahal sangat sayang, dengan tampilan situs lab, misalnya lab SI yang menurut saya cukup bagus, tetapi kurang diupdate, terutama untuk jadwal praktikumnya. Selebihnya untuk situs BAAK menurut saya sudah cukup bagus. Tetapi apabila tampilannya lebih dipercantik maka akan lebih menarik (banyak permintaan ya). Tapi dengan tampilannya yang sekarang pun menurut saya sudah cukup bagus, apalagi dengan tampilan yang minimalis begitu maka untuk loading halamannya cukup cepat.




Adalah suatu situs yang ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam mendapatkan materi kuliah yang disusun berdasarkan materi perkuliahan. Materi ini berbentuk pdf. file yang dapat didownload oleh mahasiswa, bahkan masyarakat umum juga, karena situs ini bersifat terbuka (dapat diakses tanpa username/ password tertentu). Disitus ini ada Departement-departement atau dalam bahasa Indonesianya fakultas, antara lain


-Departement of Economics
-Departement of Industrial Technology
-Departement of Letters
-Departement of Psychology
-Diploma Three program
-Departement of Computer Science and Information Technology
-Departement of Economics

Dari fakultas-fakultas tersebut jika kita klik maka akan ditampilkan jurusan,kemudian mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan tersebut. Terakhir kita dapat mendownload file pdf yang berisi materi tersebut untuk dipelajari.




Adalah suatu layanan kelas virtual yang memungkinkan mahasiswa belajar dari jarak jauh. Kita tinggal login, kemudian memasukkan npm dan mencari nama guru yang akan kita ikuti pelajarannya. Situs ini menurut saya sangat berguna terutama bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan waktu sehingga tidak bisa bertatap muka dengan dosen. Selain itu juga menghemat ruang kelas yang dipakai.




Adalah situs yang menampilkan pikiran atau ide ide mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Tulisan disini adalah tulisan bebas misalnya review, cerpen, ataupun hal lainnya. Akan tetapi ada hal yang dilarang keras, yaitu plagiarisme dan tulisan berbau SARA. Barangsiapa yang melakukan penjiplakan terhadap karya orang lain dapat dkenakan sanksi yang tegas. Disitus ini juga terdapat penilaian terhadap tulisan, yang terbaik akan mendapat penghargaan.



Adalah situs komunitas gunadarma yang dapat diikuti oleh semua civitas gunadarma, baik mahasiswa aktif, staff atau bahkan alumni. Disitus ini kita dapat berbagi informasi sesama civitas gunadarma. Salah satu kekurangannya yaitu kurangnya sosialisasi situs ini sehingga jarang dikunjungi. Bahkan kebanyakan isinya thread yang berisi promosi barang misalnya handphone dll. Harusnya moderator bertindak lebih tegas.




Adalah situs pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi Infomasi salah satunya adalah internet. Hanya dengan mengakses situs ini kita dapat belajar dari jarak jauh.salah satu sub domain dari situs ini antara lain : ebook, v-class (yang sudah dijelaskan diatas), sap online, material. Menurut saya inilah salah satu keunggulan gundar dari universitas lainnya. Kita dapat belajar dari rumah saja, tapi itu semua tergantung pada kemauan masing-masing individu.



Adalah suatu situs yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa gunadarma. Didalam situs ini ada berbagai macam menu yang dapat diakses, antara lain, baak news, lecturer message, jadwal kuliah, jadwal ujian. Menurut saya situs ini sudah sangat lengkap, bahkan lebih dari cukup, karena kita dapat mengetahui tentang kegiatan akademis perkuliahan cukup dengan mengakses situs ini.




Masih banyak situs gunadarma yang lainnya. Tapi saya tidak bisa me-review satu persatu. Maka dari itu silahkan langsung saja mengunjugi www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar