Kamis, 26 April 2012

Analisis web PT . TELKOM tbk


Salah satu penunjang dalam era informasi dan globalisasi adalah sistem penyedia jaringan komunikasi dan informasi. Sebagai salah satu perusahaan terbesar dalam bidang komunikasi dan informasi di Indonesia, PT TELKOM sangat berjasa dalam pengembangan sumber daya manusia. Dalam waktu dekat jaringan Inter-Indonesia yang akan menghubungkan dari Aceh hingga Papua akan dibangun oleh PT. TELKOM. Berikut adalah profil PT TELKOM dan ulasan mengenai web perusahaan tersebut.



I.                   Profil Perusahaan

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah perusahaan telekomunikasi dan penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Telkom adalah salah satu perusahaan BUMN dibidang telekomunikasi, bahkan bisa dibilang satu-satunya sejak privatisasi saham BUMN indosat. Telkom juga merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dengan pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta pelanggan dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta pelanggan. Saham telkom saat ini mayoritas dimiliki oleh Pemerintah Indonesia 51,19% dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagai perusahaan publik, saham Telkom diperdagangkan di beberapa bursa saham, yaitu Bursa Saham Indonesia (IDX, TLKM), Bursa Saham London (LSE, TKID), Bursa Saham New York (NYSE, TLK) dan Bursa Saham Tokyo.
Sejarah dari PT. Telkom bermula dari era kolonial, pada tahun 1882 didirikan perusahaan penyedia jasa layanan pos dan telegraf. Layanan ini diberi nama dalam jawatan Post Telefgraf Telefoon (PTT). Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel), yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Pada tahun 1991 perumtel berubah menjadi Prusahaan Perseroan (persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.. Pada tanggal 14 Novemer 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak saat itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham telkom juga diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo. Pada tahun 1999 dengan dihapuskannya sistem monopoli dalam sistem telekomunikasi Indonesia, PT. Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia.
Beberapa layanan yang ditawarkan Telkom antara lain telepon tetap kabel, jasa telepon tetap nirkabel, jasa telepon bergerak, data/internet dan jasa multimedia lainnya.


Telepon
Data/Internet
  • TelkomNet Instan, layanan akses internet dial up
  • TelkomNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
  • Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
  • e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
  • Solusi Enterprise - INFONET
  • TELKOMLink DINAccess
  • TELKOMLink VPN IP, layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
  • TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial), Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
  • TELKOM ISDN, jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi.
Satelit


II.                 Web/ Portal Perusahaan > www.telkom.co.id


Tampilan Web telkom :


 
·        Tampilan

Secara tampilan untuk ukuran web perusahaan, web ini mempunyai tampilan yang cukup baik, Dengan menggunakan bahasa HTML ditambah beberapa JavaScript membuat tampilan yang berwarna. Roll menu yang ditempatkan ditengah dengan gambar yang besar yang sebagian besar merupakan promosi dari produk-produk telkom. Kolom berita/news diletakkan di bagian kiri. Bagian header terdapat tanggal, home, dan pilihan bahasa, kolom pencarian (search). Bagian footer diisi dengan hak cipta PT. Telkom. Tampilan didominasi warna biru dan beberapa logo telkom di sudut web. Bagian kiri bawah terdapat bagian hubungan masyarakat yang diisi dengan laporan tahunan, bahan RUPST, visi dan misi, pengaduan pelanggan dan telkom dalam portal Kementrian BUMN. Bagian tengah bawah diisi dengan promo yang baru diluncurkan oleh PT. Telkom, seperti Groovia TV, flexi hotspot, dan Speedy 1 Mbps. Bagian kanan bawah diisi dengan kegiatan terbaru PT Telkom terutama kaitannya dengan kegiatan sosial dan corporate responsibility, seperti sponsor event olahraga, kurban, dan penggunaan DNS Nawala.


·         Menu
Beberapa menu yang terdapat pada web telkom.co.id antara lain :
-          Info Perusahaan
-          Produk dan Layanan
-          Hubungan Investor
-          Pojok media
-          Telkom Peduli
-          Layanan Pelanggan

   Info Perusahaan mempunyai sub menu seperti ; telkom, telkom internasional, mitratel, pramindo, telkomsel, infomedia, Telkom vision, SIGMA dll. Namun jika diklik maka semua sub menu terdapat dalam satu halaman penuh. 
    Produk dan layanan jika diklik akan memunculkan semua produk dan layanan yang dimiliki PT. Telkom, dan terdapat combo box yang berisi pilihan pencarian produk dan layanan seperti layanan internet, fixed wireless, content dan aplikasi, infrastruktur, seluler, telepon tetap dsb. Dan ketika dipilih salah satunya, maka akan ditampilkan gambar-gambar yang merupakan layanan pokok PT. Telkom. Jika gambar tersebut diklik dua kali maka ada jendela/ window yang menampilkan penjelasan secara lebih detil tentang produk tersebut. Namun ada sedikit kekurangan, jika pop-up menu ditutup harus menekan tombol close dua kali.

        Menu Hubungan Investor mempunyai sub menu antara lain; profil perusahaan, informasi saham, tata kelola perusahaan, laporan-laporan, siaran pers, analis peliput TELKOM, conference call, kontak hubungan investor dan alamat kustodian, daftar istilah dan FAQ. Profil perusahaan jika diklik akan menunjukkan visi dan misi, manajemen struktur perusahaan, ikhtisar keuangan, lembar fakta. Informasi saham jika diklik akan menunjukkan harga saham, dan terdapat combo box yang menunjukkan pilihan dari tahun ke tahun dan bulan. Selain itu juga terdapat sub menu aksi korporasi, kepemilikan saham, program pembeliam kembali saham, pembayaran & kebijakan dividen. Aksi korporasi mencatat kegiatan perusahaan dari tahun 1995 hingga sekarang. Kepemilikan saham menampilkan kepemilikan saham secara secara utuh, dari kepemilikan saham oleh pemerintah, kepemilikan saham olek publik dan direksi. Program pembelian kembali saham memuat kebijakan PT. Telkom untuk membeli kembali saham milik perseorangan atau publik yang pada tahun 1999 sempat diprivatisasi. Pembayaran dividen saham Telkom memuat kronologi pembayaran dividen saham telkom dari tahun ke tahun beserta presentasenya.

     Sub menu tata kelola perusahaan memiliki beberapa sub menu antara lain; Struktur Tata Kelola Perusahaan, Organisasi Tata Kelola Perusahaan, Komite dan Unit Pendukung, Laporan Komite Audit, Laporan Komite Nominasi dan Remunerasi, Laporan Komite Evaluasi dan Monitoring Perencanaan Risiko, Tata Kelola Audit, Kebijakan dan Prosedur Pre-Approval Komite Audit, Sistem Pengelolaan Kinerja, Pengendalian Internal, Budaya Korporasi dan Etika Bisnis, Kode Etik, Kepatuhan, Kontrak Material,   Kasus Hukum Material, Kejadian Setelah Tanggal Neraca, Ketersediaan Dokumen, Perubahan Anggaran Dasar, Konsistensi Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Penerapan Etika Bisnis, Manajemen Kelangsungan Usaha, Pengendalian dan Prosedur, Penerapan Whistleblower Program, Penerapan Tata Kelola Perencanaan Perusahaan, Penerapan Tata Kelola TI, Pengembangan kompetensi SDM, Hubungan Dengan Pemangku Kepentingan, Evaluasi GCG. Masing-masing fungsi dari sub menu tersebut dapat diketahui dari judulnya dan saya rasa tidak perlu dijelaskan secara detil.

  • Laporan-laporan berisi laporan tahunan keuangan, laporan tahunan interaktif 2010 dan 2009, laporan berkelanjutan. Laporan interaktif jika di klik maka akan otomatis mengunduh suatu program .exe yang merupakan laporan interaktif yang telah dibuat sebelumnya. 
  •  Siaran pers berisi beberapa berita di media massa yang memuat kinerja atau kegiatan PT. Telkom. 
  •   Analis peliput TELKOM untuk sementara tidak memuat apa-apa. 
  •  Email alert memuat form yang berfungsi untuk mendaftarkan email untuk menerima pemberitahuan tentang berita-berita terbaru dari telkom yang akan dikirim secara langsung ke email yang bersangkutan. 
  •   Presentasi dan conference call memuat beberapa dokumen presentasi dan conference call selama beberapa tahun terakhir. 
  •  Kontak Hubungan Investor dan Alamat kustodian berisi kontak yang dapat dihubungi oleh investor jika sewaktu-waktu membutuhkan jawaban atau mengajukan pertanyaan.
  1.   Daftar istilah dan FAQ memuat istilah-istilah yang sering ditanyakan.
  •   Pojok Media memuat sub menu ; siaran pers, Berita Telkom, kalender kegiatan, Media Kit, Pustaka Multimedia, Kontak, Artikel Infokom. Menu ini memuat berbagai berita tentang PT. TELKOM. 
  •     Telkom Peduli memuat beberapa kegiatan sosial telkom sebagai corporate responsibility telkom sebagai perusahaan publik bagi masyarakat. Terdapat sub-menu ; pembinaan Usaha kecil, kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, CO-OP. 
  •     Layanan pelanggan memuat berbagai sarana keluhan dan saran untuk telkom baik tentang produk dan layanan maupun permohonan untuk produk dan layanan baru, Beberapa sub menu antara lain ; Kantor pelayanan, keluhan pelanggan, pertanyaan dan saran pelanggan. Permohonan, cara pembayaran speedy via ATM, informasi kode area dan negara, informasi tagihan, telkom e-service.

Demikian menu-menu yang terdapat di telkom.co.id. Beberapa fungsi menu berjalan cukup baik dan terorganisir. Beberapa menu juga sangat spesifik dan sangat bermanfaat.

·         Fungsi pemasaran dan hubungan masyarakat

Secara umum dapat dilihat bahwa PT. Telkom sangat mengoptimalkan sarana web untuk mempromosikan produknya. Dilihat dari situs analisis web yaitu alexa.com dapat dilihat bahwa situs telkom.co.id menempati urutan 9154 secara global dan 93 di Indonesia. Jika dibandingkan dengan situs telekomunikasi lainnya seperti xl (18700 global 254 indonesia) dan indosat (21709 global dan 260 indonesia) telkom masih jauh lebih unggul. Dan juga situs-situs anak perusahaan telkkom lainnya seperti telkom speedy (14700) dan telkomsel (13063) yang cukup populer. Sayangnya telkom masih kurang dalam pengembangan usaha di luar Indonesia.

·         Kekurangan dan kelebihan 
  • Beberapa kelebihan dari situs telkom.co.id : 
  •   Tampilan  yang interaktif 
  •   Menu yang lengkap
  •   Laporan-laporan yang lengkap 
  •      Adanya menu untuk pelanggan 
  •  Proses loading yang cepat
  • Beberapa kekurangan :
  • Masih ada menu yang kosong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar